SUBHANALLAH.!! TERNYATA MASIH ADA AL-QUR'AN TERTUA DI DUNIA DARI MASA NABI MUHAMMAD SAW, YANG DITEMUKAN DI INGGRIS.!!!


Sudah seabad lamanya manuskrip berhuruf Arab tersimpan di perpustakaan University of Birmingham, Inggris. Naskah kuno -- yang ternyata yaitu sisi dari Alquran -- itu permulaannya sekalipun tidak diakui keberadaannya.

Naskah kuno itu yaitu sisi dari Mingana Collection, yang terdiri atas 3. 000 dokumen dari Timur Tengah yang dikumpulkan oleh Alphonse Mingana, seorang Imam Kasdim (Chaldeans) yang lahir dekat Mosul, Irak pada 1920-an.

Upayanya mengumpulkan naskah-naskah kuno di Timur Tengah disponsori oleh Edward Cadbury -- jutawan sebagai sisi dari dinasti pembuat cokelat terkenal dunia.

Hingga sehari, seseorang peneliti doktoral atau PhD pelajari lebih dekat laman-laman dalam manuskrip itu, ia memutuskan untuk lakukan uji penanggalan radiokarbon (radiocarbon dating). Tidak dinyana, pada akhirnya demikian mencengangkan.

Uji penanggalan radiokarbon buka, naskah kuno itu sekurang-kurangnya berusia 1. 370 th., membuatnya satu diantara Alquran versi paling awal. Manuskrip itu ditulis dengan huruf Hijazi -- versi awal huruf Arab.


Naskah Alquran tertua di dunia diketahui di University of Birmingham (BBC)
Ahli dari Perpustakaan Inggris atau British Library, Dr Muhammad Isa Waley menyampaikan, temuan menarik itu tentunya akan buat umat Muslim, " bersukacita ".

Direktur koleksi spesial University of Birmingham, Susan Worrall menyampaikan, sebagian peneliti meskipun tidak menduga usia naskah Alquran itu sekian sepuh. Bahkan juga 'dalam yang diimpikan terliar' mereka sekalipun.

Tahu apabila kami memiliki satu di antara fragmen Alquran tertua di muka Bumi, perasaan sungguh luar biasa, " kata dia seperti dimuat BBC, Rabu (22/7/2015).

Uji radiokarbon, yang dikerjakan Oxford University Radiocarbon Accelerator Unit menguak, fragmen -- yang ditulis diatas lembaran kulit domba atau sapi, yaitu satu di antara teks tertua Alquran yang selamat dari perubahan zaman.

Hasil tes itu menyarankan beberapa kesempatan, yang perlihatkan probabilitas 95 % apabila perkamen itu datang dari saat 568 dan 645 Masehi.

Uji radiokarbon memanglah membuahkan berbagai kesempatan umur, yang tumpang tindih. Jadi, tidak mungkin untuk mengklaim apabila naskah itu yaitu yang tertua didunia. Tetapi, penanggalan Alquran koleksi University of Birmingham -- 645 -- membuatnya jadi satu di antara yang paling kuno.

Naskah itu buat kita lakukan napak tilas ke beberapa saat awal berdirinya agama Islam, " kata David Thomas, dosen pengetahuan tentang Kristen dan Islam di University of Birmingham.

Menurut kepercayaan Muslim, Nabi Muhammad terima wahyu waktu lalu dibukukan dalam Alquran, pada th. 610 dan 632 -- saat beliau meninggal dunia."

Alquran dari Waktu Nabi Muhammad? Profesor Thomas menyampaikan, berdasarkan pada data penanggalan radiokarbon, mungkin saja orang yang menulis naskah itu hidup di saat yang sama saja dengan Rasulullah. Sosok yang menulis naskah itu mungkin saja tahu sosok Nabi Muhammad. Ia mungkin saja saja bertemu dengan Sang Rasul, mungkin saja saja saja juga mendengar selekasnya syiarnya. Penulis itu mungkin saja saja tahu sosok Nabi dengan cara pribadi, " kata dia.


Sang profesor memberi, di saat itu, beberapa ayat-ayat Alquran ditulis di perkamen, batu, daun lontar, dan tulang belikat unta, sampai pada akhirnya dibukukan dalam versi final yang rampung disusun pada th. 650 Masehi.

Bagian-bagian dari Alquran yang ditulis dalam perkamen itu mungkin saja -- dengan tingkat kepercayaan spesial -- datang dari saat kurang dari 2 dekade sesudah meninggal dunia dunianya Nabi Muhammad.

Bagian-bagian itu dalam formasi yang demikian dekat dengan bentuk Alquran sekarang ini. Hal semacam itu mensupport kepercayaan apabila kitab suci itu alami pergantian sedikit, bahkan juga tidak ada walau, " lebih Thomas.

Disamping itu, Dr Muhammad Isa Waley, kurator naskah sama di British Library menyampaikan, " naskah 2 lembar itu, yang ditulis tangan dengan huruf Hijazi yang indah, hampir dapat di pastikan datang dari saat 3 khalifah : Abu Bakar, Umar bin Khatab, dan Usman bin Affan. " Pada th. 632 dan 656.

Dr Waley memberikan, dibawah kepemimpinan khalifah Usman bin Affan, salinan Alquran mulai didistribusikan. Tidak semuanya ditulis dalam lembaran kulit hewan yang awet.

Orang-orang Muslim saat itu kurang dapat untuk sediakan tumpukan kulit hewan untuk di buat jadi kopian Alquran dalam jumlah besar, " kata dia. Ia memiliki pendapat, manuskrip yang diketemukan University of Birmingham yaitu 'salinan bernilai yang selamat' dari saat itu. Atau dapatkah lebih awal.

Dalam beberapa hal, dengan keindahan isi dan tulisan Hijazi, yang lewat cara mengejutkan masih tetap terang terbaca, itu yaitu berita baik yang buat Umat Muslim bersuka cita."

Bukan hanya beberapa ilmuwan yang bersuka ria, komune Muslim Inggris setempat juga mengaku bahagia. Terlebih, pihak kampus mengemukakan, naskah kuno itu akan dipamerkan untuk umum.

Naskah Alquran tertua di dunia diketahui di University of Birmingham (BBC) Saat saksikan naskah itu, hatiku tergetar. Air mata kebahagiaan dari emosi jiwa yang meluap tergenang di mataku. Saya percaya, kebanyakan orang di semua Inggris akan tiba ke Birmingham untuk menyaksikannya, " kata Muhammad Afzal, pemimpin Birmingham Central Mosque.

Selain itu, Profesor Thomas mengemukakan, pihaknya akan perlihatkan pada sebagian orang di Birmingham apabila mereka mempunyai " harta yang tidak ada duanya ". Satu Alquran yang mungkin saja jadi yang tertua yang pernah diketahui hingga saat ini.
SUBHANALLAH.!! TERNYATA MASIH ADA AL-QUR'AN TERTUA DI DUNIA DARI MASA NABI MUHAMMAD SAW, YANG DITEMUKAN DI INGGRIS.!!! SUBHANALLAH.!! TERNYATA MASIH ADA AL-QUR'AN TERTUA DI DUNIA DARI MASA NABI MUHAMMAD SAW, YANG DITEMUKAN DI INGGRIS.!!! Reviewed by Unknown on 12:27:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.